FAQ: Dialog Asa, Media Platform yang Timbul Tenggelam

photo 4Dialog Asa is a media-sharing platform that curates articles which contain variety of perspectives, ideas, and inspirations. We are an Independent platform publishing which is pro-liberated thoughts. We invite contributors from different professions; backgrounds. Our concern is to reach out all subject of interests: humanity, music, technology, etc. All is compiled in ‘Category’. We’re focusing on the content of the article with neat and easy-to-read page, to enhance the experience of reading.

Apa itu Dialog Asa ?

Dialog Asa adalah media-sharing platform yang mengkurasi berbagai artikel atau tulisan yang berisikan berbagai macam perspektif, ide, dan inspirasi. Dialog Asa sendiri merupakan platform publishing independen yang sangat pro terhadap pemikiran yang bebas. Kami mengundang kontributor dari berbagai profesi dan latar belakang untuk menulis disini. Tulisan-tulisan di Dialog Asa kami gawangi dengan berbagai macam kategori sesuai dengan bidang peminatan seperti, kemanusiaan, teknologi, musi, dan lain-lain. Selain fokus terhadap konten, kami juga menawarkan halaman yang neat dan enak untuk dibaca, demi kenyamanan pembaca.

Kenapa Dialog Asa?

Berawal dari kegelisahan kami yang haus informasi, baik itu aktual maupun trivia, kami belum menemukan website yang menawarkan apa yang ingin kami tawarkan dari Dialog Asa. News portal yang meraja di dalam negeri mayoritas adalah penyaji berita aktual. Namun ada pula media platform alternatif lainnya yang menspesifikasikan dirinya dalam genre tertentu seperti teknologi, bisnis, komedi, entertainment. Kesamaan yang kami temui adalah, artikel maupun tulisan yang dirintis tidak semuanya kita butuhkan. Mayoritas publishing platform yang kita temui dewasa ini mementingkan ‘oplah’, dalam artian kuantitas yang massive untuk menaikkan rating. Akibatnya banyak berita yang diulang, maupun ekspos besar-besaran berita yang sebenarnya tidak terlalu penting. Misalnya, “Kucing Penyanyi Dangdut X Melahirkan Lagi”, atau “Mantan Artis X Rajin Minum Jamu”.

Kami merasa penting bagi kaum intelektual yang wara-wiri dunia virtual, untuk bisa memilih ‘asupan’ yang berguna untuk kita di tengah terjangan massive berita dan artikel di setiap menitnya. Asupan yang ditawarkan oleh Dialog Asa adalah tulisan segar dari kita dan untuk kita, yaitu tulisan-tulisan yang bertujuan untuk menginspirasi, berbagi perspektif, berbagi ide. Maka itu kami menyebut diri kami sebagai website yang independen, dengan maksud mencakup banyak makna sekaligus. Kami meirintis secara independen, tulisan-tulisan ini dari penulis-penulis independen, dengan pemikiran yang independen pula. Tulisan-tulisan dalam Dialog Asa berawal dari hal-hal sederhana di sekitar kita yang kadang luput dari dialog kita sehari-hari. Di setiap tulisan inilah, kita berdialog akan harapan dengan menyiratkan ajakkan, baik untuk berpikir, untuk perubahan, maupun untuk kebaikkan bersama. Dengan kata lain, Dialog Asa berusaha mengajak kita semua untuk membahasakan pemikiran-pemikiran sederhana kita, dan menuangkannya disini agar dapat berguna bagi sesama.

Selain itu, Dialog Asa menawarkan halaman baca yang membuat nyaman pembaca, minimalis, tanpa distraction disana-sini. Para pembaca bisa langsung meneruskan artikelnya ke platform lainnya seperti Disqus, Twitter, dll. Fitur baru yang kami tawarkan adalah para pembaca bisa mengirimkan ke twitter, beberapa bagian kalimat dari sebuah artikel. Cukup dengan mem-block kalimat yang ingin dikirim, lalu akan muncul pilihan untuk meneruskan link tersebut via twitter.

Bagaimana Caranya Agar Dapat Menulis di Dialog Asa?

Sejauh ini, Dialog Asa baru terbuka untuk undangan saja. Selebihnya kami akan membuka untuk umum. Sebagai website yang baru dirintis, kami mengakui bahwa Dialog Asa masih kurang di sana-sini. Kami masih berproses dan masih jauh dari kesempurnaan. Namun kami terus memperbaiki, menambahkan yang kurang, dan mengembangkan yang sudah baik, demi mencari formulasi yang terbaik untuk Dialog Asa.

Semoga tulisan sederhana terkait pertanyaan yang sering muncul ini dapat berguna bagi kita semua. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai Dialog Asa, kami tunggu di yunisa@dialog-asa.com

Terimakasih atas waktu yang digunakan untuk membaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s